Clien Relationship +6281230075109
Advanced
Search
Hipnoterapi Membantu Mengatasi Depresi

Hipnoterapi Membantu Mengatasi Depresi

  • February 23, 2021
  • 1 Like
  • 84 Views
  • 0 Comments

Hipnoterapi membantu mengatasi depresi – Pada umumnya, depresi seringkali dipahami sebagai suatu reaksi terhadap berbagai macam rangkaian peristiwa yang menyedihkan dan juga traumatis yang dialami oleh seseorang. Depresi pada umumnya juga tidak terjadi dalam kurun waktu yang singkat. Berbeda dengan gangguan kecemasan, depresi bahkan bisa bertahan ditubuh penderitanya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Depresi yang terjadi secara berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius bagi para penderitanya. Maka dari itu, depresi perlu segera mendapatkan penanganan dan perlakuan yang tepat untuk menghindarkan para penderitanya dari sejumlah ancaman kesehatan yang cukup serius.

Gejala Depresi Yang Umum Dirasakan Para Penderitanya

Secara sederhana, dapat dipahami bahwa depresi merupakan suatu gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati berubah-ubah dan cenderung tertekan sehingga mengakibatkan hilangnya minat untuk menjalani sejumlah aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang pada akhirnya bisa menurunkan kualitas hidup seorang penderita depresi.

Sebelum mengulas secara lebih jauh tentang hipnoterapi membantu mengatasi depresi, tidak ada salahnya bila terlebih dahulu akan dibahas secara sekilas tentang gejala yang umum dirasakan oleh para penderita depresi. Meskipun bukan merupakan gejala tanda yang spesifik, namun beberapa gejala berikut bisa menjadi sedikit indikasi untuk menilai apakah seseorang mengalami depresi ataukah tidak.

  1. Memiliki Suasana Hati Yang Buruk

Salah satu gejala yang umum dirasakan oleh para penderita depresi adalah memiliki suasana hati yang cenderung buruk dalam waktu berkelanjutan. Selain suasana hati yang begitu buruk, para penderita depresi pada umumnya juga mengalami rasa kesedihan yang lama dan berkelanjutan tanpa ada pemicu yang jelas.

  1. Selalu Merasa Bersalah Terhadap Sesuatu

Gejala berikutnya yang juga umum menimpa para penderita depresi adalah perasaan selalu merasa bersalah terhadap suatu kejadian. Para penderita depresi pada umumnya tidak mudah untuk ‘melepaskan’ suatu ‘kemalangan’ yang menimpa dirinya ataupun orang-orang di sekitarnya sehingga ia selalu merasa bersalah atas segala kejadian yang menimpa orang lain tersebut.

  1. Merasakan Putus Asa Yang Mendalam

Orang yang mengalami depresi pada umumnya juga akan merasakan rasa putus asa yang mendalam dan juga berkepanjangan. Selain perasaan putus asa yang berkepanjangan tersebut, pada penderita depresi juga umum merasa rendah diri dan bahkan tidak berharga dan terbuang dari kehidupan.

  1. Tidak Lagi Memiliki Minat Dan Motivasi

Kehilangan minat terhadap suatu aktivitas atau kegiatan juga bisa menngindikasikan bahwa seseorang tersebut mengalami gejala depresi. Terlebih jika aktivitas tersebut dahulunya merupakan bagian dari keseharian yang digemarinya. Maka dari itu, jika ada seseorang di sekitar lingkungan Anda yang mengalami hal ini maka bisa saja hal tersebut menjadi indikasi bahwa yang bersangkutan tengah mengalami depresi.

  1. Susah Berkonsentrasi Secara Menyeluruh

Gejala depresi yang juga umum terjadi pada seseorang adalah hilangnya kemampuan berkonsentrasi secara menyeluruh. Orang-orang yang mengalami depresi pada umumnya akan kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus pada apa yang dihadapinya. Selain itu, mereka juga cenderung akan mengalami kesusahan dalam mengambil keputusan penting pada suatu kondisi yang tengah dihadapi.

Bagaimana Hipnoterapi Membantu mengatasi Depresi?

Sebisa mungkin depresi perlu segera ditangani agar tidak memberikan dampak yang semakin buruk kepada para penderitanya. Dari sekian banyak terapi yang dibutuhkan untuk menangani masalah depresi, salah satu yang marak digunakan adalah menggunakan hipnoterapi. Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah bagaimana cara hipnoterapi membantu mengatasi depresi?

  1. Membantu Memasuki Alam Bawah Sadar Penderita Depresi

Hipnoterapi diklaim dapat digunakan untuk memasuki pikiran bawah sadar seseorang. Bahkan tidak sedikit yang memiliki penilaian bahwa hipnoterapi dapat menurunkan sekitar 10% dari pikiran sadar menuju ke alam pikiran bawah sadar seseorang. Maka dari itu, hipnoterapi ini diyakini bisa menjadi solusi yang optimal untuk mengalami depresi dan bukan hanya sebatas pada gejalanya semata.

  1. Menggantikan Peristiwa Traumatis Dengan Nilai-nilai Positif

Ketika seseorang yang mengalami depresi mendapatkan penanganan hipnoterapi pada umumnya akan dibedakan ke dalam beberapa sesi hipnoterapi. Dan setiap sesi hipnoterapi pada umumnya setiap peristiwa yang menakutkan dan ‘menghantui’ seseorang dapat ‘diganti’ menjadi nilai-nilai positif untuk menangani peristiwa dan permasalahan traumatis tersebut.

Ketika pikiran-pikiran positif tersebut berhasil ditanamkan pada pikiran seseorang, maka akan bisa memicu terjadinya ‘pelepasan’ emosi yang penderita depresi sehingga mereka bisa merasa lebih ‘lega’ akibat pelepasan emosi tersebut.

  1. Mengidentifikasi Permasalahan Yang Belum Selesai

Cara hipnoterapi membantu mengatasi depresi yang berikutnya adalah dengan membantu melakukan identifikasi pada permasalahan-permasalahan yang ‘belum selesai’ yang dialami oleh seorang penderita depresi. Beberapa jenis permasalahan yang ‘belum selesai’ ini diantaranya adalah perasaan bersalah, kehilangan seseorang, ketakutan yang mendalam, dan lain sebagainya.

Apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat dan optimal maka perasaan tersebut akan bisa terkubur secara lebih dalam pada benak dan pikiran penderita depresi. Hal ini bisa membuat kondisi yang dialami oleh para penderita depresi menjadi semakin buruk karena tekanan-tekanan dari permasalahan yang ‘belum selesai’ tersebut.

Keberadaaan urusan dan permasalahan yang ‘belum selesai’ inilah yang kelak bisa menjadi pikiran negatif pemicu terjadinya depresi dan bahkan bisa menjadi latar-belakang bagi seorang penderita depresi untuk melakukan sabotase pada dirinya sendiri. Dan tentu saja hal ini merupakan perilaku yang sangat membahayakan bagi si penderita dan juga orang lain di sekitarnya.

Dengan adanya hipnoterapi maka akar penyebab terjadinya depresi dan juga persoalan-persoalan yang ‘belum selesai’ tersebut dapat diidentifikasi dan kemudian di atasi. Dengan demikian maka penderita yang mengalami depresi tersebut bisa merasa lebih ‘lega’ dan perasaannya bisa semakin membaik untuk bisa terhindar dari depresi yang berkepanjangan.

  1. Memberikan Sugesti Positif Dalam Jangka Panjang

Cara hipnoterapi membantu mengatasi depresi yang berikutnya adalah dengan memberikan sugesti positif bagi para penderitanya dalam kurun jangka waktu yang cukup panjang. Perlu diketahui bahwa hipnoterapi merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengakses kemampuan diri seseorang dan juga mempengaruhi tubuh fisik yang dimilikinya.

Hipnoterapi bisa menjadi cara untuk memberikan sugesti jangka panjang kepada tubuh penderita agar bisa kembali menjalani kehidupan secara lebih optimal. Hipnoterapi yang digunakan pada umumnya adalah untuk meningkatkan fungsionalitas tubuh seseorang agar perilaku depresi bisa ‘dikikis’ secara perlahan demi perlahan.

Hipnoterapi bisa digunakan untuk memperbaiki pola tidur yang kurang baik, energi yang rendah, dan lain sebagainya. Bahkan seseorang bisa menggunakan hipnoterapi dalam rangka untuk meningkatkan motivasi olahraga dan pola makan yang lebih baik. Berbekal dengan sugesti yang berkepanjangan lewat hipnoterapi ini diharapkan bisa menjadi solusi yang optimal untuk mengatasi depresi pada seseorang.

Demikianlah ulasan mengenai cara hipnoterapi membantu mengatasi depresi  pada seseorang dari theta medika. Kini berbekal dengan ulasan yang telah disampaikan di atas, Anda bisa mengetahui secara lebih mendalam mengenai peran dan cara hipnoterapi dalam membantu mengatasi depresi yang dialami oleh seseorang.

  • Share:

Leave Your Comment

Hai 👋 Ada yang bisa kami bantu? Tim kami akan membalas dalam beberapa menit.