Advanced
Search
Waspadai Gangguan Kecemasan Berlebih (ANXIETY)

Waspadai Gangguan Kecemasan Berlebih (ANXIETY)

  • June 3, 2021
  • 0 Likes
  • 208 Views
  • 0 Comments

Lima tahun terakir ini kami dari THETA MEDIKA – Layanan Hipnoterapi profesional memiliki data bahwa keluhan gangguan psikologis katagori kecemasan berlebih sangatlah tinggi, mulia usia 19 tahun hingga 65 tahun.

Perlu diketahui bahwa rasa cemas normal yang biasanya orang pada umumnya, ketika ada pemicu baru terjadi sebuah perasaan cemas, contoh saat cemas mendengar kabar kerabat sakit,atau cemas saat akan menghadapi ujian, cemas ini merupakan perasaan cemas yang normal

Jika seseorang mengalami perasaan cemas berlebihan terlebih tidak ada factor pemicu dan bahkan sulit sekali untuk mengendalikan rasa cemas tersebut, bisa jadi disebabkan oleh gangguan kecemasan (Anxiety)

Kecemasan berlebihan sering kali seseorang merasakan khatir dan takut secara berlebihan dan cenderung lama, bahkan dapat terjadi secara terus menenrus. Dan perlu diwaspadai jika tersu menerus dan sering terjadi seperti ini gangguan kecemasan bisa menjadi semakin parah bahkan dapat mengganggu produktifitas keseharian hingga susah tidur
Mari kita perdalam pengetahuan tentang gangguan kecemasan berlebihan

Jenis Kecemasan

Jika anda sedang merasakan perasaan seperti ini berikut beserta jenisnya:

1. Gangguan Kecemasan Umum

Gangguan kecemasan umum adalah munculnya rasa cemas atau khawatir yang berlebihan dan tidak terkendali terhadap berbagai hal dan kondisi. Kondisi ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.

Gangguan kecemasan umum dapat terjadi pada siapa saja, namun paling sering terjadi pada orang dewasa yang berusia lebih dari 30 tahun. Saat mengalami kondisi ini, penderita umumnya tidak bisa menjelaskan mengapa ia merasa cemas atau khawatir yang berlebihan.

  • Susah tidur
  • Sulit berkonsentrasi
  • Khawatir berlebihan terhadap hal-hal kecil
  • Dada berdebar-debar
  • Keringat dingin
  • Mudah lelah
  • Otot terasa kaku dan tegang

2. Gangguan panik

Gangguan panik atau serangan panik adalah gangguan cemas yang ditandai dengan munculnya kecemasan berlebihan atau rasa takut yang sangat intens secara tiba-tiba.
Ketika serangan panik muncul, orang yang menderita kecemasan berlebihan ini akan merasa tidak berdaya, tidak dapat berpikir dengan tenang, dan juga merasakan gejala fisik tertentu, seperti nyeri dada, berdebar-debar, sesak napas, pusing, atau sakit perut, atau merasa seperti akan pingsan.

3.Fobia

Fobia merupakan ketakutan berlebihan terhadap objek atau situasi tertentu, misalnya darah, laba-laba, ketinggian, atau ruangan sempit. Rasa takut yang dialami bahkan bisa sampai membuat penderitanya menghindari objek atau situasi tersebut.
Orang yang menderita fobia akan merasa sangat ketakutan atau panik ketika berhadapan dengan hal yang menyebabkan fobianya atau bahkan sekadar memikirkan tentang hal tersebut.

4. Gangguan kecemasan sosial

Gangguan yang sering juga disebut sebagai fobia sosial ini ditandai oleh rasa cemas yang berlebihan terhadap kondisi sosial sehari-hari, seperti berbicara di depan orang banyak atau menyapa orang lain.
Penderita gangguan kecemasan sosial atau social anxiety disorder bahkan sering kali menghindari interaksi sosial karena merasa takut dipermalukan atau dinilai oleh orang lain.

5. Gangguan stres pascatrauma

Post-traumatic stress disorder (PTSD) atau gangguan stres pascatrauma dapat terjadi ketika seseorang mengalami peristiwa atau kejadian yang menyebabkan trauma psikologis berat, seperti kecelakaan, kekerasan seksual, atau bencana alam.

Penderita PTSD biasanya akan mengalami kecemasan berlebihan dan sering mengingat peristiwa yang dialami, mimpi buruk, serta rasa takut yang muncul terus-menerus.

6. Gangguan obsesif kompulsif

Gangguan kecemasan yang juga disebut obsessive-compulsive disorder (OCD) ini membuat penderitanya harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Misalnya, penderita OCD harus mencuci tangan sebanyak 3 kali, karena bila tidak ia akan merasa bahwa tangannya tetap kotor dan dapat membahayakannya.
Penyebab Munculnya Kecemasan Berlebihan dan Cara Mengatasinya
Penyebab munculnya rasa cemas berlebihan akibat gangguan kecemasan hingga kini belum diketahui dengan pasti.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena gangguan cemas, yaitu:

  • Faktor genetik
  • Stres berat yang berkepanjangan, misalnya akibat tekanan batin, masalah keluarga, atau kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi
  • Riwayat trauma psikologis di masa kecil

Berbeda dengan rasa cemas yang normal dan dapat mereda sendiri, kecemasan berlebihan akibat gangguan cemas tidak akan menghilang tanpa penanganan
dari Hipnoterapis,psikolog atau psikiater.

Untuk hidup yang lebih baik
Ingat – Theta Medika
www.thetamedika.co.id

Oleh :
Mastersul

  • Share:

Leave Your Comment