Advanced
Search
Merencanakan Keutuhan Keluarga

Merencanakan Keutuhan Keluarga

  • May 1, 2021
  • 0 Likes
  • 215 Views
  • 0 Comments

GriyaAgiaBrilliance Dalam konseling pra nikah yang saya bahas dengan klien saya kali ini adalah mengenai potensi konflik dalam keluarga

perbedaan sifat, hobi, pola komunikasi anak, makanan kesukaan, budaya keluarga besar, potensi orang ketiga, pekerjaan, penghasilan, kepribadian, kemampuan mengatasi stress, dalam beberapa hal lain adalah hal yang dibahas.

setelah masing masing pasangan terbuka mengenai hal yang didiskusikan lalu pasangan mendiskusikan pula langkah langkah yang perlu diambil jika terjadi konflik di area area diatas. apa pandangan masing masing dan bagaimana resolusinya.
seringkali di titik ini saya mendapatkan pasangan berdebat satu sama lainnya mengenai pandangannya masing masing pun sekaligus menunjukkan ego masing masing.

sebagai konselornya saya hanya memfasilitasi pasangan untuk melihat potensi konflik dari ego yang muncul. sampai pasangan menyadai untuk membangun rumah tangga mereka mereka perlu meruntuhkan ego masing masing dan menemukan tujuan bersama dalam berkeluarga

komunikasi pasangan penting sekali dititik ini, seberat apapun masalahnya jika komunikasi dalam keluarga berjalan bagus maka semua konflik dapat diatas dan dilewati. mempersiapkan diri baik emosi, pikiran dan tenaga untuk menjalani rumah tangga begitu penting untuk kelak mampu mengatasi konflik apapun dalam rumah tangga. karena sudah tau potensi konflik dan merencanakan bagaimana meningkatkan kompetensi masing masing pasangan untuk dapat melewatinya.

karena sudah tau resiko dan potensi konfliknya baru saya memfasilitasi pasangan untuk komitmen menjalankan kehidupan rumah tangga dan menerima kekurangan dan kelebihan dari pasangannya. jadi ketika nanti kelak di jika di pernikahan ada kalimat mau menerima kekurangan masing masing mereka paham betul ketika mengatakan “ya”

seringkali dari pasangan pasangan konseling ini saya mendapatkan pembelajaran untuk keluarga saya. mengingatkan kembali tujuan saya membangun keluarga. betapa indah Allah mengingatkan saya dengan cara ini. oleh karenanya saya membaginya kepada anda.

  • Share:

Leave Your Comment