Advanced
Search
Memanfaatkan Teknik Hipnoterapi Atasi Trauma Masa Lalu

Memanfaatkan Teknik Hipnoterapi Atasi Trauma Masa Lalu

  • February 24, 2021
  • 0 Likes
  • 211 Views
  • 0 Comments

Memanfaatkan Teknik Hipnoterapi Atasi Trauma Masa Lalu – Hipnoterapi adalah metode yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan kondisi. Hipnotis sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya tidur. Selama perawatan, pasien biasanya diminta untuk berbaring agar tubuh dan otaknya bisa istirahat. Ini karena tubuh dikendalikan oleh otak dan jiwa dikendalikan oleh hati.

Hipnoterapi Atasi Trauma Masa Lalu

Sekarang, saat tubuh dan otak dalam keadaan istirahat, energi dapat disalurkan ke jiwa. Menurut Dr. Tubagus Erwin Kusuma, SpKJ (K) memiliki dua metode hipnoterapi atasi trauma masa lalu. Pertama, gunakan kekuatan jiwa. Oleh karena itu dalam dunia medis hipnoterapi termasuk dalam ilmu jiwa. Ketika energi tubuh diistirahatkan dengan harapan itu akan berkumpul di dalam jiwa.

Sebab itulah hipnoterapis kemudian akan berkomunikasi dengan pasien melalui energi mental. Pada saat itu pasien dapat merekam konfirmasi yang dilakukan oleh hipnoterapis. Cara kedua, jika memungkinkan, dapat menyerap energi alam atau lingkungan sekitar. Orang Cina menyebutnya Qi dan untuk sebagian orang adapula yang menyebutnya sebagai pra-energi, sedangkan dalam kedokteran disebut sebagai infra merah jauh.

Jika kemudian yang bersangkutan tidak dapat menyerap energi dari eksternal maka hipnoterapi akan menghabiskan energi dari dalam jiwanya. Erwin membandingkan kinerja dari jiwa tersebut seperti halnya flash drive yang dengan mudah bisa merekam setiap data yang dimasukkan. Sebelum memulai proses pengobatan, hipnoterapis akan meminta pasien untuk menyampaikan keluhannya terlebih dahulu.

Selanjutnya pasien akan melakukan proses relaksasi dengan berbaring pada posisi yang nyaman hingga tertidur. Pasien harus benar-benar rileks untuk mempermudah proses konfirmasi. Tapi sebenarnya, apa yang bisa ditangani hipnoterapi? Sehingga hipnoterapi atasi trauma masa lalu menjadi alternatif yang bisa diperhitungkan.

Biasanya yang dimaksud penyakit psikosomatis merupakan penyakit jiwa yang kemudian menyebabkan timbulnya penyakit fisik. Seperi misalnya terjadi gangguan pada perut yang bisa jadi disebabkan oleh kondisi psikologisnya. Bisa dari kecemasan, sedih, stres, bahkan rasa panik. Hipnoterapi juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan), meredakan nyeri saat melahirkan, asma, mengurangi nyeri setelah pengobatan kanker, meningkatkan daya tahan tubuh.

Dan untuk hal yang terakhir biasanya pasien akan dilatih terlebih dahulu agar saat nanti nyeri datang kembali ia sudah bisa mengatasinya. Adapun untuk asma yang jika penyebabnya ialah lingkungan maka daya tahan fisik serta mental dari si penderita akan ditingkatkan. Jika penyebabnya bersifat genetik, hipnoterapi akan menghilangkan gen yang membawa asma. Alergi dan ketergantungan obat juga didapat secara genetik.

Gen terletak di dalam nukleus, itu sebuah fragmen. Rekaman tersebut tentu bisa keluar meski masih ada. Sehingga tetap bisa diteruskan pada anak-anaknya kelak. Adapun untuk menghilangkan gen teraebut kita tidak bisa menggunakan hipnotisme biasa. Sehingga harus menggunakan deep hypnotism atau yang biasanya disebut sebagai meditasi. Jenis dari meditasi ini juga bukanlah seperti meditasi biasa, tapi kemudian yang bisa dibuktikan dengan rekaman ritmis pada otak.

Teknik dari hipnotis itu sendiri sebenarnya terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu dangkal, sedang serta dalam. Hipnotis dangkal biasanya dapat digunakan untuk mengobati penyakit berkapasitas ringan seperti rasa takut akan kegelapan atau terbang menggunakan pesawat. Kemudian, hipnotis digunakan untuk mengobati penyakit yang cukup serius, seperti maag akibat penyakit psikosomatis sebagai hipnoterapi atasi trauma masa lalu.

Pada saat yang sama kemudian hipnosis akan digunakan pada situasi yang lebih serius seperti untuk mematikan gen, bahkan mematikan rekaman sebelumnya. Erwin menambahkan, orang mungkin tidak percaya, tapi itu sudah terbukti secara ilmiah. Bagi mereka yang mengalami trauma berat, seperti trauma masa kanak-kanak atau gangguan stres pascatrauma (PTSD), setiap langkah hidupnya penuh dengan beban dan “hantu”.

Trauma yang pernah dialami tetapi belum juga sembuh akan berdampak negatif pada cara berpikir dan berperilaku, walaupun terkadang hal tersebut tidak sepenuhnya disadari. Namun, ternyata hipnoterapi bisa menyembuhkan trauma psikologis. Misalnya, seseorang yang pernah menjadi korban kekerasan semasa kecil mungkin tumbuh menjadi orang yang sangat tertutup dan sulit menjalin hubungan yang positif dengan orang lain.

Misalnya, klien mengalami trauma masa kecil akibat menyaksikan perselisihan dan perceraian orang tua. Saat dewasa, dia menjadi takut membangun hubungan dengan orang lain, sehingga dia selalu gagal dalam hubungan. Ini karena di alam bawah sadarnya, klien khawatir orang tuanya akan menceraikannya. Dia selalu menggunakan kekerasan sebagai solusi karena itulah satu-satunya cara orang tuanya dapat menyelesaikan masalah.

Namun, trauma masa kecil semacam ini seringkali tidak disadari oleh klien, sehingga ia hanya akan dibuat frustasi dengan gagalnya hubungan. Selain itu, klien tidak bisa mengendalikan emosinya karena tidak tahu apa yang menyebabkan amarahnya begitu mudah tersulut. Banyak orang percaya dengan mitos yang disebarkan oleh media hiburan bahwa orang yang terhipnotis akan kehilangan kendali atas dirinya sendiri.

Seperti misalnya penghipnotis yang dapat memerintahkan Anda untuk melakukan apa saja, termasuk menyerahkan properti atau mengungkap rahasia. Mitos ini tidak benar, karena faktanya ketika Anda memasuki keadaan hipnotis, Anda masih bisa mengendalikan pikiran Anda sepenuhnya. Hipnoterapi atasi trauma masa lalu tidak dapat melakukan pencucian otak atau pengendalian pikiran. Faktanya, hipnoterapis harus menanamkan sendiri rekomendasi ini.

Hipnosis akan membuat proses ini lebih mudah. Namun, jika Anda menolak nasihat ahli hipnotis, tidak ada yang akan berubah tanpa disadari. Hipnoterapi hanya dapat dilakukan oleh ahli kesehatan mental yang telah mengenyam pendidikan khusus dan memperoleh sertifikat hipnoterapis. Sebelum memulai kursus hipnoterapi, pastikan terapis Anda memiliki sertifikat formal dan latar belakang ilmiah yang mendukung.

Setelah klien berhasil memproses dan menetralkan ingatan, ahli hipnoterapi atasi trauma masa lalu akan membantu klien mengubah pola perilaku yang dihasilkan oleh ingatan buruk tersebut. Dianjurkan agar pelanggan terbuka dan mempercayai orang lain. Ia juga akan mendapat nasihat untuk mengendalikan emosinya, seperti menarik napas dalam-dalam saat amarah mulai muncul.

Hipnoterapi dapat dilakukan tanpa pengobatan. Tapi ingat, keberhasilan hipnoterapi sangat bergantung pada kerjasama antara pasien dan terapis. Hipnoterapis tidak bisa membantu orang yang merasa tidak ada masalah. Sistemnya menyembuhkan diri sendiri dan pasien harus merasakannya dulu. Kesedihan, ketakutan, rasa tidak aman, cemas, perasaan benar-benar akan muncul, tapi kita berani mengakuinya.

Hipnoterapi atasi trauma masa lalu dimulai dengan pertemuan konsultasi yang penuh dengan perbincangan antara pasien dan terapis. Dengan mengungkapkan pengalamannya, terapis akan mulai menemukan sumber masalahnya. Teknologi tersebut juga dapat didukung dengan berbagai aktivitas relaksasi, seperti yoga dan meditasi.

Jika penyakit mental sudah dalam fase akut, rujuk pasien ke spesialis berikutnya. Kebanyakan orang berpikir bahwa setelah dihipnoterapi, mereka akan melupakan apa yang telah mereka lakukan atau di masa lalu. Hal itu tidak benar, dan terapi ini justru memperbaiki ide-ide baru masa lalu. Ini dilakukan dengan sangat sadar, dan disebut sebagai self-hypnosis.

Di sana kita bisa bicara dengan alam bawah sadar, dan kalau ada trauma, kita akan sembuh. Hipnoterapi tidak melupakan, tapi mendamaikan. Misalnya saat seseorang mengalami trauma. Hipnoterapi dapat membantu seseorang menemukan di mana akarnya dan kemudian memulihkannya. Anda mencoba untuk menyampaikan apa yang Anda tidak punya waktu untuk mengatakan, dan memaafkan masa lalu.

Sekian ulasan tentang memanfaatkan teknik hipnoterapi atasi trauma masa lalu dari theta medika yang cukup efektif dengan penanganan secara profesional dari para hipnoterapis yang telah memiliki sertifikasi serta mengeyam pendidikan terkait hal tersebut. Sehingga bisa lebih terpercaya baik secara medis dan yang paling dibutuhkan oleh pasien berupa konsultasi secara psikologis.

  • Share:

Leave Your Comment