Advanced
Search
Cara Mengatasi Serangan Panik (Panic Attack) dengan Hipnoterapi

Cara Mengatasi Serangan Panik (Panic Attack) dengan Hipnoterapi

  • March 2, 2021
  • 0 Likes
  • 293 Views
  • 0 Comments

Cara Mengatasi Serangan Panik dengan Hipnoterapi – Panic attack atau serangan panik, merupakan sebua kondisi, di mana muncul rasa takut atau gelisah secara tiba-tiba dan berlebihan. Ditandai dengan detak jantung yang cepat, napas pendek, rasa pusing, otot tegang atau gemetar.

Serangan panik ini bisa dialami oleh siapa saja dalam hitungan menit atau setidaknya 30 menit. Ketika pemicunya hilang, biasanya serangan akan berakhir. Penderita yang mengalami serangan panik juga akan mengalami kelelahan, bahkan bisa menyisakan rasa takut, bila serangan tersebut kembali datang.

Yang terburuk memang, ketika serangan panik datang secara berulang dan berlangsung cukup lama. Sebutan untuk gejala yang satu ini ini adalah gangguan panik.

Ada banyak faktor dan penyebab munculnya serangan panik ini, seperti, perubahan suasana yang tiba-tiba, pernah mengalami trauma, faktor genetik, hingga mereka yang kerap mengonsumsi kafein, alkohol secara berlebih dan pengguna NAPZA.

Ketika serangan panik menyerang, otak akan memerintahkan sistem saraf dan mendatang respon, untuk menghindar ataupun melawan. Adrenalin yang dikeluarkan tubuh akan memicu pada detak jantung, frekuensi napas, hingga aliran darah ke dalam otot.

Cara Mengatasi Serangan Panik

Bagaimana cara mengatasi serangan panik ini? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti pemberian obat hingga terapi. Tujuan dari pengobatan ini tentu saja setidaknya untuk mengurangi intesitas atau serangan. Sehingga yang diharapkan adalah, bisa memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dan terhindar dari serangan panik.

Obat-obatan

Penderita serangan panik tidak serta merta bisa mengonsumsi obat tanpa bantuan ahlinya. Sudah penderita sepatutnya menemui psikiater untuk mendeteksi terlebih dahulu, gejala yang dialaminya. Dari hasil pemeriksaan, psikiater baru akan memberikan resep dan memilihkan obat yang tepat, untuk mencegah serangan datang kembali.

Beberapa jenis obat yang diresepkan di antaranya adalah Fluoxetine, Sertraline, Venlafaxine, Alprazolam, atau Clonazepam. Obat-obatan tersebut biasanya akan diminta untuk dikonsumsi selama 1 tahun. Baru setelah itu, dosis bisa dikurangi perlahan dan tidak boleh dihentikan secara tiba-tiba.

Terapi

Jenis pengobatan lainnya yang bisa digunakan untuk cara mengatasi serangan panik bisa melalui terapi. Ada banyak jenis terapi di dunia ini dan salah satunya adalah hipnoterapi di Theta Medika. Tipe terapi ini adalah dengan menggunakan hipnosis.

Tindakan yang memasuki alam bawah sadar untuk memberikan sugesti. Hipnoterapi bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks dan fokus. Sehingga yang diharapkan adalah perasaan serta emosi yang negatif bisa dikendalikan.

Hipnoterapi memang bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi serangan panik dan terapi ini juga telah dikenal sejak puluhan tahun lamanya. Hipnoterapi juga dikenal efektif menyelesaikan berbagai masalah mental, psikis, juga emosional seseorang. Sebelum memilih tempatnya, jangan lupa baca dulu tips memilih layanan hipnoterapi di artikel sebelumnya.

Begini Cara Hipnoterapi Bekerja

Hipnoterapi yang dilakukan berdasarkan persetujuan pasien atau penderita dan yang keluarganya. Yang akan diajak untuk masuk ke gelombang otak dominan beta atau pikiran sadar ke dalam gelombang pikiran bawah sadar. Di mana penderita akan merasa rileks, hingga siap menerima  berbagai sugesti atau pesan mental yang diberikan terapisnya.

Dalam kondisi yang reseptif, memungkinkan penderitanya untuk mengakses memori serta emosi yang menjadi pangkal dari permasalahannya. Di sini, terapi akan membimbing penderita untuk melakukan resolusi trauma, rekonstruksi memori, hingga diajak untuk melepaskan emosi yang mengganggu.

Berikutnya terapi juga dilakukan dengan beberapa pendekatan, seperti, coaching, counseling, hingga mentoring dan training. Bentuk coaching di sini, penderita akan dibantu agar bisa mencapai tujuan atau goal, hingga tercapai. Penderita juga akan diajak untuk memecahkan masalah (problem solving) atas masalah yang dihadapinya.

Terapis atau konselor yang membantu penderita melakukan hipnoterapi untuk mengatasi serangan panik akan membagikan berbagai pengalaman serta pengetahuan, hingga bisa membuka mindset penderita.

Seberapa Efektif Hipnoterapi Mengatasi Serangan Panik?

Lantas, seberapa efektifkah hipnoterapi bisa mengatasi serangan panik ini? Kemudian, mungkinkan juga bertahan lama hingga penderitanya terbebas dari serangan panik lagi?

Metode hipnoterapi yang biasa dilakukan oleh terapis pada pasiennya adalah dengan mengucapkan secara berulang kata-kata, maupun gambaran mental tertentu, hingga masuk ke dalam alam  bawh sadar penderitanya. Meskipun begitu, terapi ini berbeda dengan terapi bicara lainnya.

Hipoterapi bekerja dengan membangun dinding di sekitar sistem pusat pasien, dengan mengembangkan sebuah lensa. Hingga penderita atau pasien yang tengah mendapat terapi, bisa melihat dunia dalam cahaya yang cukup dan tidak mengancam keberadaannya.

Berikut penderita yang dipandu untuk melakukan meditasi akan masuk  ke dalam kondisi yang rileks. Dan mana terapis terus memandu agar pasiennya menjadi lebih kuat. Bahkan hipnoterapi juga memungkinkan pasiennya untuk mengevaluasi, memperbaiki distori, hingga memperkuat agensi serta ketahanan dirinya sendiri.

Ketika berada di kondisi hipnotis, terapis akan meminta pasiennya untuk fokus pada masa cemas. Pasien biasanya akan diminta untuk fokus pada sensasi fisik yag terjadi sambil memikirkan pemicu terjadinya serangan. Selanjutnya, begitu pasien berhasil mengenali sensasi tersebut, terapisnya akan mengucapkan kata-kata dan kalimat yang menenangkan serta memberikan saran terbaik.

Hasil yang didapat dari proses hipnoterapi untuk mengatasi serangan panik tentu saja tidak bisa didapat dalam waktu yang singkat. Butuh proses hingga pengobatan bisa berjalan dengan baik dan serangan bisa dinyatakan benar-benar berkurang atau hilang.

Ini pastinya akan sangat bergantun seberapa besar atau kecilnya tingkat serangan panik tersebut. Begitu juga dengan pemicunya, bila diketahui pemicu masih terus berada di dekat penderita, besar kemungkinan pengobatan pun akan jauh lebih sulit dan lama.

Metode terapi sendiri setidaknya bisa dilakukan selama beberapa sesi, atau paling tidak 1 bulan. Terapis juga akan melakukan serangkaian wawancara terhadap pasiennya, dan ini bisa berlangsung setidaknya 1 hingga 2 jam.

Kegagalan Pengobatan

Proses hipnoterapi akan mengalami kegagalan, tidak saja karena pemicu masih berada di sekitar paeisn, namun juga bergantung pada beberapa hal. Seperti, pasien secara pribadi sebetulnya menolak untuk mengikuti pengobatan dengan hipnoterapi. Pasien harus menyamakan persepsi bahwa proses hipnoterapi ini bukan kondisi pasien tidak sadar.

Berikutnya yang menyebabkan hipnoterapi tidak bisa mengatasi serangan panik karena pasien atau penderitanya tidak fokus. Banyak hal yang membuat seseorang tidak fokus pengobatan, salah satunya adalah memiliki terlalu banyak masalah yang mungkin belum atau sulit untuk diselesaikan. Bisa juga karena pasien curiga dan tidak percaya pada terapis yang akan membantunya.

Kegagalan juga bisa diakibatkan karena terapis yang melakukan hipnoterapi tidak memiliki skill atau kemampuan yang cukup. Di sini juga akan menjadi penyebab, terjadinya miskomunikasi antara terapis dan pasiennya.

Setelah 4 sesi dilakukan hipnoterapi, biasanya akan terlihat perubahannya. Namun jika tidak berhasil, biasanya terapis akan menghentikan pengobatan dan meminta pasien untuk tidak melakukan hipnoterapi lagi padanya.

Perihal permanen atau tidaknya kesembuhan penderita serangan panik dengan hipnoterapi juga akan dikaitkan dengan banyak hal, salah satunya yang telah disebut berulang kali, yaitu pemicunya.

Itu dia penjelasan singkat mengenai bagaimana cara mengatasi serangan panik dengan hipnoterapi. Melihat begitu besar manfaat terapi ini, sepertinya penyakit apa pun, bisa disembuhkan, asalkan pasiennya sadar betul bahwa ia memang bermasalah.

  • Share:

Leave Your Comment